SCUBA Diving

Olahraga Scuba Diving Dengan Tetap Mengenakan Hijab

Halooooo.. Ditulisan kali ini aku mau bercerita bagaimana pengalaman aku mengenakan penutup kepala sebagai hijab pada saat scuba diving. Sebelumnya, sepertinya ada baiknya sudah diketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara seorang wanita muslim menutup tubuhnya dengan hijab. Setau saya, ada beragam pendapat tentang hijab itu sendiri. Ada yang mewajibkan menggunakan sejenis penutup kepala ada juga yang tidak karena tergantung apa yang biasa nampak. Nah di sini akan dibahas bagaimana bisa tetap berhijab dengan penutup kepala dengan nyaman saat melakukan olahraga scuba diving.

Pakaian Diving

Pada prinsipnya, saat melakukan scuba diving, pakaian yang digunakan harus melindungi tubuh dari lingkungan bawah laut. Ada jenis pakaian selam yang soft ada juga yang hard. Contoh pakaian yang soft adalah wetsuit dan drysuit. Sementara contoh pakaian selam tipe hard adalah atmospheric diving suit. Dari situ dapat dilihat bentuk pakaian selamnya seperti apa dan dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan penutup kepala sebagai hijab saat melakukan scuba diving bukanlah hal yang memberatkan.

Pengalaman Hijab Diving

hijab renang scuba diving
Kaya gini penutup kepala sebagai hijab yang aku maksud bisa menyimpan bubble dari hembusan napas saat diving. Ini bahannya lycra

Sejauh yang aku alami nih, aku tuh baru menggunakan penutup kepala sebagai hijab yang berbahan lycra. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan baju renang. Kelebihannya cukup nyaman, elastis dan tidak panas. Namun kekurangannya, saat kita menghembuskan napas dan mengeluarkan bubble, penutup kepala berbahan lycra akan menampung bubble dan menyebabkan perubahan buoyancy kita menjadi makin positif (makin melayang ke permukaan air). Di situ aku pun harus peka dan memiringkan kepala sambil menarik bagian atas penutup kepala agar buble keluar dari samping telinga dan mengembalikan buoyancy menjadi neutral. Konyol juga jadi ribet yah.

Kalau Pertama kali diving di Pulau Tidung, waktu itu aku belum memiliki license diving, aku pakai penutup kepala sebagai hijab sehari hari dari Zoya yang ada pet nya. Kelebihannya cukup nyaman, elastis dan tidak panas. Kekurangannya rambut bisa keluar-keluar dari petnya di dahi. (fotonya menyusul ya)

hijab scuba diving
Itu penutup kepala yang sebenarnya satu set dengan baju renangku

Satu lagi jenis hijab renang yang biasanya sudah satu set dengan baju renangnya. Sepertinya berbahan lycra juga. Hanya saja bentuk pola jahitannya berbeda dengan yang pertama, yaitu ada tali di bawah dagu. Kelebihannya cukup nyaman, elastis dan tidak panas. Kekurangannya, bisa menyimpan bubble juga tapi tidak sebanyak bubble yang terperangkap pada jenis penutup kepala yang pertama.

Hijab Bahan Apalagi ya

Rencananya aku mau coba nih pakai kerudung berbahan misalnya katun yang biasa dipakai sehari-hari. Tapi ya nanti deh kalau ada kesempatan di kolam. Masalahnya kabarnya kolam yang biasanya aku di situ yaitu kolam renang ragunan ditutup selama setahun. Aku dapat kabar ini 30 Januari 2019. Nanti aku update lagi gimana reviewnya pakai penutup kepala sebagai hijab yang berbahan katun untuk scuba diving. Kalau ada yang mau request boleh yaa sampein di kolom komentar di bawah.

Terimakasih sudah membaca. Salam Curiouslity 🙂

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *