BCD Masker Dive Computer Scuba diving
SCUBA Diving

Belajar Peralatan Scuba Diving di Kolam Renang Ragunan

Haloo para pembaca Curiouslity.. Di sini aku mau cerita gimana aku pertama kali mengenal alat-alat kursus scuba diving di Kolam Ragunan, Jakarta Selatan. Jadi, setelah deal bayar kursus dan dapet surat ijin dari dokter, aku akhirnya ketemu pertama kali dengan instruktur aku di kolam renang Ragunan. Kolam ragunan ini murah meriah untuk kolam yang 2,5 meter sekitar 15ribu rupiah tiket masuknya. Sementara untuk kolam yang 5 meter dipungut biaya 40ribu rupiah.

Waktu pertama kali kursus itu aku cuma berdua diajar oleh coach aku. Pertama kali banget tuh diajari nama-nama alat nya. Alat-alat nya itu ada regulator yang terdiri atas first stage dan second stage. Lalu, BCD (Buoyancy Compensator Device), masker, fins, tabung dan pemberat.

Regulator

Regulator adalah alat yang menghubungkan udara di tabung dengan BCD dan penyelam. Pada regulator terdapat first stage yang bisa mengatur tekanan udara yang keluar dari tabung. Kemudian second stage yang dipakai penyelam untuk menghirup udara dari tabung. Btw, saat itu aku diwanti-wanti oleh coach aku supaya first stage tidak kena air.

BCD

Setelah itu, aku belajar memasang BCD di tabung. BCD ini adalah alat yang berguna supaya kita bisa mengatur bagaimana kita melayang-layang di dalam air. Bentuknya seperti rompi atau life jacket. Pada BCD terdapat selang dan katup yang berguna untuk mengatur jumlah udara di dalam BCD.

Alat Dasar

Alat lainnya yang merupakan alat dasar adalah masker, fins dan snorkel. Snorkel ini tidak dipakai saat menyelam tapi bisa dipakai ketika berada di permukaan air. Kemudian, masker adalah alat yang melindungi mata dari paparan air. Kalau kamu punya rabun jauh maka lensa pada masker juga harus disesuaikan. Untuk dapat bergerak maju saat menyelam maka kita harus melakukan finning dan kaki kita harus dilengkapi oleh fins yang sesuai.

Tabung dan Pemberat

Yang terakhir adalah tabung dan pemberat. Harus dicamkan baik-baik yah bahwa tabung yang dipakai bukanlah tabung oksigen sebab isinya bukan oksigen murni melainkan udara biasa yang mengandung 78% nitrogen. Kita sebut sebagai tabung selam. Kayaknya berat tabung ini bisa mencapai 15 kilo guys :O Terus buat pemberatnya juga dibutuhkan karena pada dasarnya tubuh manusia itu mengambang di air, jadi supaya bisa tenggelam maka dibutuhkan pemberat. Biasanya satu pemberat massanya 1kg dan jumlah pemakaiaannya disesuaikan kondisi tubuh khususnya berat badannya berapa.

Scuba Diving dan Peralatannya

Diving adalah olahraga yang memerlukan alat dan kita sangat bergantung pada alat. Maka dari itu sebagi diver, kita harus sangat menguasai semua alat yang digunakan. Kita harus bisa pasang alat sendiri dan mengecek ulang alat ketika sedang trip yang alatnya dipasangkan oleh orang lain. Oleh sebab itu, untuk bisa menikmati dunia kedalaman bawah laut dengan scuba diving, kita wajib mengikuti kursus scuba diving yang memadai. Kursus scuba diving di Jakarta ada banyak sekali. Kalian bisa pilih sesuka kalian. Kalau aku belajar di Batavia Divers yang lisensinya dikeluarkan oleh Dive ISO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *